Minggu, 15 November 2009

Kelompok : Anton Suracnman ( 10206122 )
Rifal Mayfrisah ( 10206820 )

Juduk Penulisan : ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AIR MINUM MINERAL DIKOTAMADYA SURABAYA
Penulis : Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini, Muryani*
Sumber :http://pdf-search-engine.com/online-pdf-view.php?pdf=http://elmurobbie.files.wordpress.com/2008/06/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen-dalam-pembelian-air-minum.pdf
Latar Belakang Masalah :
Perkembangan bidang industri yang semakin ketat terutama dikota Surabaya membawa dampak yang cukup komplek bagi lingkungan perusahaan sendiri, diantaranya adalah masalah air karena air minum yang benar – benar bersih, bebas polusi, dan menyehatkan membawa pengaruh terhadap prilaku konsumen dalam mengkonsumsi air mineral. Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor – faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.
Rumusan masalah :
1. Apakah faktor-faktor individual consumer yang terdiri dari pendidikan, penghasilan dan faktor faktor marketing strategies yang terdiri dari harga, kualitas, distribusi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian air minum mineral diKotamadya Surabaya?
2. Di antara faktor-faktor tersebut di atas, faktor mana yang mempunyai pengaruh dominan dalam pembelian air minum mineral diKotamadya Surabaya?
Tujuan Penelitian :
1. Untuk mengetahui faktor-faktor individual consumer yang terdiri dari pendidikan, penghasilan dan faktor faktor marketing strategies yang terdiri dari harga, kualitas, distribusi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian air minum mineral diKotamadya Surabaya.
2. Untuk mengetahui faktor mana yang mempunyai pengaruh dominan dalam pembelian air minum mineral diKotamadya Surabaya.
Metodologi Penelitian :
1. Variabel Penelitian
Variabel dependent yaitu perilaku konsumen (Y)
Variabel independent (X) yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral, dirinci menjadi enam variabel yang meliputi:
2. Data
Data primer adalah data yang diperoleh dengan mengadakan wawancara langsung dengan responden berdasarkan daftar pertanyaan dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari Kantor Statistik Jatim.
3. Metode Penentuan Sampel
Incidental Sampling, Jumlah responden yang akan diambil sebanyak 200 orang.
4. Alat Analisis
Regresi linier berganda, yaitu:
Y = B0 + B1X1 + B2X2 + B3X3 + B4X4 + B5X5 + B6X6 + e
Keterangan : Y = perilaku konsumen
B0 = intersep
B1 s.d B6 = koefisien regresi yang akan dihitung
X1 = pendidikan, X2 penghasilan, X3 = harga, X4 = kualitas, X5 = distribusi, X6 = promo
e = variabel pengganggu
Hasil penelitian :
1.Ternyata hipotesis pertama diterima, bahwa perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral dipengaruhi secara bersama-sama dan bermakna oleh faktor pendidikan, penghasilan, harga, kualitas, distribusi dan promosi, ini ditunjukkan oleh Fhitung = 34,677 lebih tinggi dari Ftabel = 2,14, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,7203 dan koefisien determinasi ganda (R Squared) sebesar 0,5188.
2. Hipotesis kedua yaitu harga mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku
konsumen air minum mineral dinyatakan diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar